SUMBER BELAJAR


1.       Understand sumber belazhary
Sumber belajar yang pekajak dalam dunya pendidikan atau latihan adalah system suatu yang compatibil darya group material condition atau yang sabiha sekara sualaatuan e medudu agar sisawa mapu belajar sekara mandiri.
According to the organization of the kata, sumber belajar belajar belajalan dari kata sumber dan belajar. Menurut Poerwadarminta sumber berarti "Cough (Dalam Berwaja Arti)" [1]
The word Bahasa translated as Lajar means "Berusa (Berlatih, Dan Semper) Supiya Namadat of Lujas Kepandian". [2] Sekara Terminal Belajar Penduang "Orang Kekakapan, Ketrampilan Dan Sikap". [3]
Menurut Ahmad Rohani sumber belajar ( learning resources ) " dalah segala macam sumber yang ada di luar diri severangan (peserta didik) dan yang yang melanga (memudahkan) teradainan proses belajar " . [4]
According to Edgar Dale Dalam Rohani, "Sumber Belajar Adalah Pengamanan-Pengalaman Yang Pada Bahini Sangat Luas, Yakni Selus Kehuduhan Yang Sabagal Sebagai Peutsas Yang Dapat Belajar, Yang Dapat Megadat Belajar event. This means that there is a change in behavior in a more direction favorable with respect to the declared destination. [5]
Dengan always sumber belajar adalah rye psedat yang dapat utilizata untuk menjang kegatian belajar manjabar yang effective and efficient dalam usaha utahija tujaan tips.

2.       Fan Sumber in Lajar
Suatu kegatian belajar mangabar akan le bih efkeit dan efikenti dalam usaha utahija tujan guide, jika Imparakan composing sumber in lajar sekara terenkana. Saba Samber in Lajar Sabagai Corps in Pentang Dan Sangat Sar Manfatnia.
Believe in Menfaat Dari Sumber by Lajar Adalah Sabaga.
A.       Meli Inpeganian Belajar Sekara Langsung Dan Concrete Kepada Pakistan Didik. For example: karyavisata: objek-objek seperti fabrik, pehabuhan, kebun binatang, etc.
b.       Dapat menjajaan peusana yang tidak can be held, visited, ataw dilihat sekara langseng concrete dan. For example: art, design, photo, film, magazine, etc.
vs       You can add and expand kakrawala yang ada dish of dalam kelas. For example: books, articles, photos, films, magazines, etc.
d.      Provide accurate and up-to-date information. For example: Buku-Buku Bakan, encyclopedia, magazine, etc.
d.       It helps to solve the problem of education in macro and macro framework (orientation). For example: Sekara Macro. System belajar jarak jauh (SBJJ) melalui modul.
And.        Dapat initiative yang positiv, apabil diatur dan planatan pemanfaatannya secara tepat.
Mr       Dapat always untuk to think, to be able to know more. For example, textbooks, reading books, movies, and other things that include sentences to encourage students to think, analyze, and learn more. [6]

3.       Tsiri-Tsiri Sumber Belajar
It says above, Bahva Sumber Lajar Adala Pesutas Daya, Kusat Yang Dapat Members Pesutas Yang Kita Yang Langkatan Dalam Rangka Proes Pedagogico. Oleh Kareena Itu, Akbal Suatu Daya Tidak Dapat Members Dapatang Apa Yang Dyinginkan Suazian Dengan Tujuan Guides, Maka Daya Tedak Dapat Mebut Sumber Belajar.
For example, when we have a teacher who is an agama teacher, a physics teacher cannot be used to teach. Atau Ahli Jagan Fiska Dapat Sabagai Sumber Be Lajar Selatah Fulgiskan Persayatan Persaratan Sertanu. Oleh Karena Itu, Dalam Mngunakan Sumber by Lajar Hakendna Dimanukan Multimedia. The goal is effective and efficient in Agar Dalam Tujujan Tujuan Learning Dapat.
Sekara Garis Besar Sumber Belajar has the following characteristics:
A.       Sumber belajar harus mampu meggakan saksatan dalam in lajar belajar mengabar, sehat tujaan instructional dapat sekara max.
b.       Sumber in lajar harus nalai-nilai the educational manual yaitu dapat dapat dapat kerala dan membuat kerala yang sempeklan tepadan behaviriket laku paisatan dengan tujuan yang ada.
vs       Due to the classification of educational resources, the educational resources used have the following characteristics:
1)      Tidak ter organization dan tidak systemtis baik dalam ben nuuk omung ec.
2)      Tidak has clear guidance from Tujayan Yang.
3)      It is used only in some cases or by chance.
4)      It can be used for educational purposes.
d.      Sumber belajar yang diction ( projected sources) has special features for media. [7]

4.       Partner Sumber Belair
A classroom is actually a suatu system, i.e. a learning resource is a room where there are different parts that relate to each other, influence and support each other. The body in question is designed and used by all classes of the learning resource. Bagiano - Bagiano  tersebut merupakan satu onyata yang tidak dapat elekandi, although sometimes kadang kadang dapat dibukan sekara elekandi.
Regarding the components, the source of learning is the dissemination register;
A.       Tujuan Dan Fungsi Sumber in Lajar
Sumber Belajar Young Dzikon has specific educational goals. Oleh Karena Itu, Thujan Dan Fungisi Sumber in Lajar Juga Belidi Oleh Perankan (Guru) Sumber Itu Sundiri, Serta Sangat Parasit Kepada Characters Maseng-Maseng Genis Sumber Belajar Yang Dugunakana.
For example, a guru who acts as a teacher carries out a mission related to education and aims to help students (blessing from Chancellor Pesan) understand and comprehend the lessons being taught. Thus, it can be argued that any source of learning always has an overt or overt purpose. [8]
b.      Bentuk Atau Peradan Fisq Sumber in Lajar
Observation activities in a learning center (TLC) have many different components. Example: component library, lab, ruang observasi untuk micro Teaching, ruang  Production Media and Others Penudaman Media Penunjang Dalam Penaganan System Guide. [9]
vs       Payson:
The message includes an element in the learning source because the learning source must be able to carry the message (dipelajari) which can be used by the Pemakai (penerima pesan, Didik participants). Pesan sebagai salah satu komponent yang important [ten]
குர்தை yang merupaan sebagai sumber belajar mengandung 3 (tiga) pengertian, yaitu:
1)      Tanda (words, image) involves the gathering and choosing of the expected items.
2)      Pembawa Tanda (Makam, Gaya, Tata Letak, Imithanaran) Procedure Yang menjadi tangung jawab pubgashi atau.
3)      Inquire Atau Arti Yang Dimitara, Yang Menjadi Tangung Jawab Taran ( spectators ).
Message, sabagai salah satu important yang komplekta dalam sumber belajar, untuk itu perlu mata hal hal sebagai beling.
1)      Kelengkapan Isi Pesan, Kejelasa made Tahiran Isi Pesan.
2)      The ability to receive a message is relevant to the situation, as is the ability to receive a message.
3)      IC Pesan Kukup Sederahan, Jelar, Lenkap Dan Mudah Jakarta. [11]
d.      Tingkat kekepang atau kompleksitas pemakaian sumber belajar
The level of learning difficulty is related to the physical condition and weight of the learning source. [12]

Baca Juga

5.       Sumber Belajar finishers:
AECT ( Education Communication and Technology Association ) mensesanje sumber belajar menjadi 2 (dua) macam, yaitu:
A.       Sumber Belajar Yang Belajar (by design ) untuk tujuan belajar seperti guru, dosen, telefach, ruang kuliah (belajar), laboratory, library, benkel kerja, simulator, module
b.       Sumber Belajar Young Belajar Young Belajar ( used ) yaitu belajar untuk tujuan. For example, Officials: Tokoh Masarakat, Orang Ahli Di Lapangan, Fabrik, Pasar, Rumah Sakit, Surat Kabar, Radio, Television, etc. [13]
AECT ( Association for Educational Communication and Technology ) juga telah mengklasifikasikan sumber belajar menjadi 6 (enam), yaitu:
A.       Message ( messages ), yaitu informasi yang ditransmisikan (diteruskan) oleh componen lain dalam sukuk ide, facta, arti dan data. The message included in the group is: adalah semua initiated studies atau mata leajani yang harus dipakakan kepada pakistani didik.
b.       Orang ( Peoples ), Yaitu Manusia Young preacher Amektas Penimpan, Pengola, Penyaji Pesan. Dalam cluster ini msialnya siorang guru, dosen, tutor, pakiti didik, tokoh masariakat atau line orang-orang yang miak interaction in dengan pakiti didik.
vs       Bahan ( material ), yaitu pelukan lunak yang mengandung pesan untuk sistema melalui penganjuan alat o pun oleh oleh window. Various multimedia programs include Bahan Category, Missalia Transparency, Slides, Movies, Movie Scripts, Audio, Video, Books, Magazines, Bahan Handbook, etc.
d.      Alat ( instruments ), yaitu keras yang untuk untuk sending pesan yang samahi dalam bahan. For example, slide projector, overhead projector, video tape, Peswat radio, Peswat television, etc.
Slide projector is used dengan mengoperasikan secara manual, remote control (dari jarak certonu) or atau secara sunc-ribbon (operasi secara olmatias bersama dengan sura). Slide action dapat pula dengan aminasi (dihidupkan) dengan menggunakan sebelum projektor yang telah diprogram sallitti rupa secara automatis antara operasi dissolve -nya, suara dan gambarnya, seheto kesan kesan hidup. [14] Operasi seperti ini maqadan sikan untuk keratukan suatu gigangan atau tampananan yang mengedaki anya suatu impresi e aperesiasi.
d.       Technician ( technique ), procedure yaitu atau akuan yang pradpada untuk menggunakan bahan, tools, orang dan lingringan untuk pesara pesan. Encounter. Curriculum, Belarus programs, Belarus simulations, demos, demos, cheap and more.
And.        Linkungan ( Area ), Yaitu Situasi Sekitar Dimana Pesan Silwad, Linungan bisa beitang fisik (Gedang Sekolah, Campus, Persutakan, Laboratory, Studio, Hall, Museum, Taman) Lanungan Linungan Fisik (Susana Belajar Dan Sobre). [15]

6.       Sumber Belajar selection
To choose a good educational resource, you should pay attention to the following criteria:
A.       Economics and Murah
Hendaknya dalam mmili sumber be lajar belajar segi econom dalam arti relative murah, yakni sekara name ung atau bia yang gekari hanya sedik.
b.       Practice and Sit
Practice artinya tidak nekudu penaiyan and pengadan sampingyang yang sulit and langka. Sederhana artinya tidak nekudu pelaysan kusus yan mensyaratkan sexilan yan rumit dan complex.
vs       Flexible Bersifat (Luvs)
This means that Sambar Belajar Ini can be used for various educational purposes and can be maintained under various conditions and influences.
d.      Komponen-Komponen Suazyan Dengan Tujan.
Perhaps the specific source of instruction is appropriate, Akan Tepay Salah Satu, even the whole body comes across the instruction.
7.       Pengembagan Sumber Belajar:
Dalam berberan demensi gehidung telah banyak pemekahan masalam yang betat rational and intellectual, jika dibantu dengan non-rational akan povemu edi-id baru. Sehubungan dengan hal itu, emotional aspect and irrational aspect harus utmanasan untuk sukukta sukumasa dalam pemekahan masalam, and mendongkrak qualitas belejnas. Oleh Karena Itu If teacher should maintain learning success and learning quality in school, how to build himself and didik antuk participant to have stable emotional intelligence and understand himself properly with respect to environment. .
Babypa  hal yang perlu diupayakan untuk developera sumber belajar dalam pelejahan among others. [16]
A.   Provides a comfortable environment.
b.  Menciptacan Iclim Leinana of the Young Democrats.
vs  

Related Posts

0 Response to "SUMBER BELAJAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel