AL-QALB (HATI)

Dalam psikologi Sufi kemanuhan kemanuhan untuk menyuburkan hati. A person who is hatya terbuka akan lebih samakan, penuh kasih saang, dan lebih pengertian, kve mereka yan hatya tetukuri. Hati yan medudu adalah hakikat sahili Bathiniah Kita. Bukan hati dalam of physical art. Hati di sini adalah sum cahaya Bathiniah, inspiration, creativity, dan belas kasih. Sufi seorang sejati hatya hidup, terjaga, dan limpahi cahaya. Seorang Sufi Minuturkan, " jika kata-kata berasal dari kata, ia akan masuk kel dalam hati, jika ya keluar dari lisan, maka ia hanya sekedar melevati pendengarnya ". 


Shihab Quraish believe that the word "hati" corresponds to the word "kalbu". Kolbu berasal dari Bahasa Arabic yang berakar dari kata kerja kalaba yang artinya membalik, berpotensi untuk berbolak balik yaitu di Saat merasa senang, di Saat lain merasa susah, suatu kali mau cerfima dan suatu kali menolak. Hati tidak is permanent except for yang mataat humanatan chahaya ilahi. [one]
Dalam hali ini al-Ghazali (451-505 AH/1059-1111 AD) menjelaskan ada dua pengertyan kasar, yaitu segumpal dagged yan berbentuk bulat panjang, terletak di Dada di sebelah kiri yan di dalamnya terdapat rongga danung disbut. While the second heart is a subtle understanding, which is ketukhanan atau rohaniya, that is, human nature, capable of comprehending understanding, wisdom. [2]

Baca Juga

Kalb mapu menampung perasaan takut, gelisa, harapan, dan ketenanga. KANSAS. Al Ahzab. 26
" Dan dia menyonkan orang-orang ahli Kitab (Bani Kuraija) yan membantu golongan-golongan yan bersekutu dari benteng-benteng mereka, dan dia memasukkan rasa takut ke dalam hati mereka." Some of them are kamu bunuh and some are kamu tavan . 
Ayat-ayat yang terkait dengan al-Kalb
Akl mampu Carreima dan menimpan sifat-sifat seperti ketguhi hati, kesuyan, kekasaran, kekerasan, dan sifat sombong. Say antara ayat-ayat tersbut adalah sebahay berikut: KSH. Hajj: 53
" Agar dia menjadikan apa yan dimasukkan oleh syaitan itu, sebaghai kobaan bagi orang-orang yangi di dalam atya ada penyakit dan yang kasar hanya". dan Sesunkhna orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat »
Dalam ayat tersebut di atas, along with other verses, clearly indicates that the qalb gets heart disease ( marad ), and there can also be hard, keras and kejam. Kemudian dalam ayat rakhya digelaskan bahva Kalb punya kemampuan untuk berzikir dan dengan izqir ia akan menjadi tenang. Diantarania adalah ayat berikut: KS. Ar-Raad. 28:00
(yaitu) orang-orang yang bimanan dan hati mereka mendiya temptam denga mengatan allah.
Dijelaskan bahwa Qalb punya peresanaan untuk persakan (dengan menggunakan aql ). Facts Facts sejarah dengan mengarahkan kemampuan pendengaran, pinglihatan, dan pikira. Di samping ITU ia dapat menjadi buta karena tidak dibukan. Say antara ayatnya adalah sebahay berikut: KSh. Al Hadj. 46:
" Maka apakah menakan tidak di muka bumi, lalu menakan hati yang denga itu menaka dapat menkusatau atau menakan telinga yang denga itu menaka dapat mendendam?" Because it's not mata itu yang buta, tepai yang buta, ilah hati yang di dalam dada .
Berdasarkan urayan di atas, jelaslah bahwa Kalb dalam arti fisik adalah jantung yang merupakan pusat dara di seluruhi tubuh. Akan teppa dalam pengertian metafisik, maka qalb adalah suatu dimensi jiwa yang mekanan persuasion seperti aql namun disarm itu ia juga mekananan lain yaitu penghayatan dan tseudah, seperti. rasa takutrinya, good. Dengan kata lain, bahwa kalb has two dual intelligences: mental intelligence yaitu and emotional intelligence. For this reason, the term qalb in al-Quran is also called the term dengan. sadr, fuad, labb, syakaf . Disebut dengan Sadr Karena al-Kalb menjadi tempat terbitnya ma'rifat kepada Allah. Disebut dengan lubb karena qalb menjadi tempat terbitnya tauhid. Kemudian disebut syakaf karena kalb itu tempat munjulnya ketsintaan terhadap sesama makhluk dan manusia. [3]
Ayat-ayat yan lalu menguraikan kesudahan yan dialami oleh kaum kafir yan dihalau kembali ke Makka dan sekitarnya. Di sini diuraikan apa yang tadiri atas sekolkopa orang-orang Yahudi yang mengkhianati Piagam Medina dan memihak kepada kaum musyrikin. Ayat di atas menyatan bahwa: Dan Day Yang Maha Kuat dan Maha Perkasa itu menrunkan orang-orang yang mendakan kulukom koaliasi itu, yakni dari segolongan ahl al-kitab yaitu Bani Quraizhah -menrunkan will lead the Dari menteng-dankaben. hati menak before and after menak turun. Mereka kamu bunuh vek Sekelompok, yaitu kaum pria yan memandang senyata dan sekelompok yan lain kamu tavan yaitu anak-anak dan kaum uanita. Dan dia muariskan kepada kamu tanah - tanah antara lain kebun-kebun mereka dan tamada Benda mereka yang lain, dan begitu pula kamu akan dianugerahi tanah yakni wilayah lain yan belum kamu injak yakni kuasai Bake yan dihuni olehlah dan. Allah terhadap segala sesuatu Maha Kuasa.
Di Medina hid the Sekian Banyak bitch Yahudi among the other Bani Kuraija. When Nabi So arrived in Medina, he formed a civil society in which the various religions lived in peace and cooperation and united to resist the external enemy. Vakil-wakil Dari has signed with apa young dynamai Piagam Medina. One of the groups is Bani Kuraizha. But it turned out that the group was berkhianat, dengan berbahan bersa group-group kaum musyrikin yang besiktar kota Medina. No, ketika Nabi kembali ke Madina sebelum Shalat Asyhar - setelah kegagalan pasukan musirik - Allah memerintahkan beliau untuk menyerang Bani Qurayjah. They were once Bermuk near the southern city of Medina. Rasul Bershabda. " Janganla hell salah seorang dari kamu yang shalat ashar kechuali di perkampungan Bani Qurayjah ". Orang orang Yahudi itu dikepung sehingga mereka berlindung di benteng-benteng mereka yan tinggi. Two days later they offered peace and asked to be treated as a Jewish group that had previously betrayed the Bani Nadir group. They let me leave tempat sambil membiri apa yang dapat dita ole unta-unta mereka. Selatah perundingan yang much, will lead ahirnya sukumunt untuk seksih seseorang yang disepakati kedua pikar ahirnya nerama Said ibn Muadz, salah seorang tokoh Muslimin yang menjadi hakim pemutus. He decided to kill people (lelaki) and memperbudak vanita-vanita merek. The residence of the Rumah-rum of the baths of Qurayzha was handed over to the Muhajirs.
Kata ( صياصيهم ) adalah benuk jamak dari kata ( صيصية ) yang pada originally berarti tanduk kerbau. Makna ini kemidan medari menjadi "benteng" tempat protection, bagaikan mempersamakannya, dengan taduk yang besindaka alat untuk medusa diri.
Ayat di atas mendahulukan kata ( فرقا ) / segroupa yang menjadi objek ( تقطلون ) / kamu bunuh, sedang objek ( تاسرون ) kamu tawan placed after. Didahulukannya penyebutan objek yang dune untuk kulitas bepata kiss victory Nabi dan sahabat-sahabat beliau, karena saksat baths Quraizhah benar benar terpatahkan dengan kisulannya kaum pray yang potenasi yang samagar Nabi saw. [four]

[1] Frager Robert, Psikologi Sufi Untuk Transformasi Hati, Diri dan Jiwa, Jakarta, 2002, p. 53:
[2] Dr. H. Asep Usmar Ismail, Tasavuf, Jakarta, 2005, p. 41.
[3] Dr. Burhanuddin, Paradigma Psikologi Islamic, Yogyakarta, 2004, p. 124.
[4] Quraysh Shihab, Tafsir al-Misbah, Jakarta, 2003.

Related Posts

0 Response to "AL-QALB (HATI)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel