TEKNIK-TEKNIK PENYUSUNAN SILABI DAN PERSIAPAN MENGAJAR DALAM KBK

Pebikabia member pemurigani Lakuan Coriculum 2004 is based on Undang-Undang No. 22 tentang pemandigar daerah and PP nomor 25 tahun 2000 tentang pembagian kebungangan pusat dan daerah clearly related to Undang-Undang no.
The implications for applying competency-based education in atau KBK is the need to develop curricula that have participants teach knowledge of mampu mendemonstrasikan and ketrampilan according to standard group living skills (kecakapan hidup). Untuk silabus dan taksana syllabi, jadi silabus ini sangat keralaguna guna tujaan yang ingin takkan. 

Penyusunan curriculum

Merupakan seperangkat planka dan merangan tentang penangkan manhaj yang kejatan kegitan belajangan, kerikulum beasis sekolah, manhaj and hail belajar serta valikasi beasis kelas. Selain itu, the curriculum is the basic framework of the curriculum that has three main components, (1) the components will be instilled in the learning activity of the participant didik melalui suatu, (2) the activity to be carried out to create certain competencies , and (3) yang harus dinkanta untuk actions Mengetahi bahwa Competizione tersebut sudah modilii mahakiti didik. [one]
However, the curriculum contains a principle in Penyajian bagian-bagian silabus suatu mata leijuan yang mana sarabuhan Principis-Principis yang orientati pada utahija competito. [2] Besuasi dengan main tersebut maka syllabus contains components antara lain competito dasar, materi hasil belajar (including pook dan uraian materi pokok, pengajan belajar), hasil belajar index, [3] evaluation of bebasis kelas (PBK)), and then active learning that includes the shape of the tool, the example of the tool, and the allocation of time, resources, materials, or tools. [4]
While preparing the langkah atau teknik curriculum, the langkah atau teknik-tekniknya adalah sebagai Belieng:
one.      ID
Pada etiap silabus perlu adanya identikatsiyon yang melihat identikitasi sekolah, identikitasi mata lejani, kelas atau program and one semester.
2.      Standard Perumusan competent then dasar competent
Competent and competent standard dasar mata lerajani dirumuskan berasaan keilmuannya structure and competent tutanat gradubarat. Then sort and order them systematically.
3.      Penentuan materi pokok and Uraian pokok
Materi pokok dan uraian materi pokok merupakan butir-butir bahan lejani yang teilawat siswa atau pakiti didik untuk pekkaan suatu competito dasar. Considering that the principle to be respected in determining the material of the tree and the circumference of the tree of the tree is: pertama ; Main relevance, yakni adanya kesesuaian antara materi pokok dengan Competito dasar and Competito standard, kedua ; principle of coherence, yaitu adanya keajegan antara materi pokok dengan Competito dasar and Competito standard and kitaga; Principles of adikuasa, yaitu adanya kecakupan materi leijuan yang dibana untuk pekkakan kompetenti dasar yang telah tehdas.
Four.      Choose Punjapan Pelaghar
Process of competent elegance dasar melalui pelikan pelebajan yang melabe pelebajan tatap muka and pengajan belajar strategy. Pengamanan belajar merupakan kegatianan physical muyang mental dalam interactive dengan bahan ajar, maksud kikantananya pengamanan belajar ini adalah untuk pengelar competani dasar yang tehal payendi.
5.      Penentuan Index
Indikator merupakan kompenteei dasar secara selected yang dabat besinada ukuran untuk mengetahi ketercapaian hasil belebajan. While the indicator is dirumuskan dengan kata kerja operational yang bisa meduridu and vakansiyonya instrument cables. Like the standard halnya kompetenti dasar and kompetentieparagin dari indikator.
6.      Punjab Index and Rating Instrument
Indicator evaluation tool dijabarkan ke dalam yang melihat jenis billi (kuis, ulangan harian, tugas in plain-lain), benuk tool (tes dan non tes) in contoh device. The indicator has been developed as 3 (tiga) assessment tools that cover cognitive, emotional and psychomotor aspects. [5]
While the curriculum can be compiled by involving para ahli atau instasi yang relevan di daerah local seperti tokoh masyarakat, instasi perumandi, instasi svetasa including company, industry and pergurah tinggi.
The development procedure serves Dilihat melalui silabus KBK tujuan untuk sikkepa kepada daerah dan sekolah dalam elasbihan KBK silabus yaitu includes planning, implementation and review. [6]
one.      Perankanan. During planning, the curriculum development team gathers information and references, and determines which instructional resources are included in the curriculum development team.
2.      Pilaxana. The compilation of the study plans step by step can be carried out as follows:
a.        Merumuskan compenti dan tujuan belajanas, serta telikati materi belajanas yang maadaa Competi dasar, hasil belajar in index hasil belajar
b.       Menentukan method and learning modeling method.
c.        Menentukan alat bebasis kelas suasian dengan misi KBK
3.      reconsidering The draft syllabus was developed perlu ditsin qualificatnya melalui analisis kualitas syllabus, ahli dan uji lapangan. [7]

Created by Mengajar at KBK

Belajar persuasat pegan lejani, minimum process semperita tiga, pertama , process manatat atau atau terbaru informasi baru untuk companitati atau mendati information yang telah Militui. Kedua , transformation, process yaitu memanipulation dijanani suasian agar dengan Taskas yang baru. Changing mehlebih face-face mengolah informasi untuk sampai pada konsumar yang lebih tinggi. times, evaluation of processes with manipulation manipulation in memadahi , who has the task of performing tasks. [8]
So, the most important task of the teacher in terms of teacher preparation in the implementation of KBK is actually almost the same task and function, which is to change the curriculum (formerly GBPP) in teacher preparation (satuan / satbal lesson). It is more functional and detailed. At the same time, the teaching is being prepared.
While at KBK, the expansion of Yaitu preparation includes three activities including identification of Yaitu needs, Perumusan competition rule, and then modification of the learning program. [9]
As you prepare to teach at KBK, three aspects are important in adapting instructional materials for children's development:
one.      development intelligence
2.      effective education
3.      spiral approach [10]
Kaitannia dengan Preparasipan penmangan dalam KBK There are some important things that must be respected First , preparation is a process with a strong action orientation, for example, it can involve other people, for example. However , the preparation is aimed at pada keidaan dimasa datang ( future actions ), yang dihadapkan kepada bergaan masalah, gavangan in hambatan yang tidak jelas and past. Ketigi , Preparasiyon mengajan sebagai benuk kegitangan Planningan erat reluksannya dengan bagimaan peutsang dapat dikarbaan. [eleven]

kissimbolan
I want politics pokok yang tesih penistiman untuk mendongkrak kualitas pendidikan melalui "Gerakan Pendangan Mutu Pendidikan". Gerakan ini is expected to be able to develop the skills of children so that they can develop local skills in a global perspective, as well as reclaim Manusi resources.
Oleh Karena itu, tydak menuup kazanti bagi tim pemangar syllabus, kepala sekolah, dan guru untuk kepalasan model syllabus en Preparasiyon penmangan pasiyaan dengan kondisi masing sekolah and daerah. One thing to keep in mind is asas keterlaksanan because it is so good that it is done in the best possible way.
Di Sampeng Ito, Pirlo Joga considered Didik Pakistani Karaxi and the teacher Kibhansi Yang Akan Mingimplementasikan Syllabus of the administrator Sekara Langsong Di Kailas.

[1] Dr. E. Mulyasa, MA, Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Pembelanja KBK), Bandung: PT. Shots Rasdakarya, 2004, p. 36
[2] Lihat Directorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen Diknasmen Depdiknas, Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus in Penilaian, tahun 2003, p. 5
[3] Competensi dasar yang funksiyon untuk nairaihan guru and Miser Lepagnan, in relation to the objective to be achieved in the lesson. Standard Matiri Funkisi a Didican Indicate Kebaka Bakitaki Didik Dan Guru Tintang Apa Yang Harus Pelemandi Dalam Pekan Yang Tila Yang Tehal, Hassel Pelaghar Funkisi Sibagai Indicate Perawakan Yang Akan Kebatkan, while Index Sibagai Tanda-Tanda-Tanda.
[4] d. Molasse, MA, op.cit. , p. 39
[5] Ibid., chap. 7-8
[6] d. Nur Hadi, Curriculum 2004 (Pertania Dan Joapan), Jakarta: PT. Gracindo, 2004, p. 41
[7] d. E. Muliasa, Master of Medical Sciences, Berbasis Approaches Competition; Concept, characterization and implementation, Bandung: PT. Shots Rasdakarya, 2004, p. 169
[8] Professor, d. Nana Siddhu Sukmadhinata, Development Approach; Theories and Practices, Bandung: Pt. Shots Rasdakarya, 2004, p. 142-144
[9] d. E. Mulyasa, MA, The Executive Curriculum.........op op, p. 74
[10] Ibid., p. 144
[11] Ibid., p. 74-75

0 Response to "TEKNIK-TEKNIK PENYUSUNAN SILABI DAN PERSIAPAN MENGAJAR DALAM KBK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel